Perbedaan Kemoterapi dan Radioterapi

Perbedaan Kemoterapi dan Radioterapi

Salam santun sahabat ID. Tanpa perkenalan rupanya semua sudah kenal ya. Hehe. Anggap saja kenal. Ok langsung saja ID mau berbagi ilmu nih tentang perbedaan kemoterapi dan radioterapi. Apa sih kemoterapi itu? Lalu apalagi itu radioterapi?
Rasanya sudah tidak asing ya di telinga kita semua tentang kemoterapi. Kalau ID pertama kali dengar kemoterapi itu di TV. Hehehe, maklum anak rumahan jadi gaulnya sama TV. Namun, sejak kecelakaan beberapa tahun lalu ID jadi kepo dengan kemoterapi. Mulai dari sitilah ID sedikit banyak tahu apa itu kemoterapi.
Lah kok malah curhat ya. Ok langsung saja kita bahas perbedaan kemoterapi dan radioterapi. Ini adalah salah satu tugas kuliah. Yuk kepoin !

Pengertian Kemoterapi dan Radioterapi

Pengertian kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu metode pengobatan kanker (menyembuhkan atau mengurangi kemungkinan terinfeksi kanker kembali) yang menggunakan zat kimia atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam tubuh dengan melalui infus, disuntikkan langsung pada otot, bawah kulit atau tongga tubuh, dan bisa juga diminum dalam bentuk tablet.


Pengertian radioterapi

Radioterapi sering disebut sebagai terapi radiasi atau sinar. Sesuai dengan namanya, terapi ini menggunakan radiasi dari sumber radioaktif di temapt yang terkena kanker. Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik atau cahaya dari sumber radiasi.

Perbedaan Kemoterapi dan Radioterapi

Dari pengertian kemoterapi dan radioterapi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kemoterapi dan radioterapi mempunyai perbedaan. Dimana kemoterapi dilakukan secara langsung, sedangkan radioterapi dilakukan secara tidak langsung.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Perbedaan Kemoterapi dan Radioterapi"

  1. teus bagusan pake metode mana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing2 kak. Berdoanya agar tidak mengalami hal2 yang mengharuskan kemoterapi maupun radiasi kak. Aamiin. 😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sama2 kak. Alahmadulillah jika bisa nambah ilmu yang lainnya.

      Hapus
  3. Terima kasih, artikelnya sungguh membantu dalam memahami artinya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !