Kurikulum 2013 (Karakteristik, Implementasi, Kelebihan dan Kekurangan)

KURIKULUM 2013

Karakteristik kurikulum 2013

Dalam Permendikbud No. 67 Tahun 2013 tentang kurikulum SD, karakteristik kurikulum 2013 yaitu: Mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap, spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar. Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran. Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti. Kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Implementasi kurikulum 2013

Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI.  Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan kompetensi dasar dari berbagai matapelajaran yaitu intra-disipliner, inter-disipliner, multi-disipliner, dan trans-disipliner. Integrasi intra-disipliner dilakukan dengan cara mengintegrasikan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan menjadi satu kesatuan yang utuh di setiap matapelajaran.  Integrasi inter-disipliner dilakukan dengan menggabungkan kompetensi-kompetensi dasar beberapa matapelajaran agar terkait satu dengan yang lainnya, sehingga dapat saling memperkuat, menghindari terjadinya tumpang tindih, dan menjaga keselarasan pembelajaran. Integrasi multi-disipliner dilakukan tanpa menggabungkan kompetensi dasar tiap matapelajaran sehingga tiap matapelajaran masih memiliki kompetensi dasarnya sendiri.  Integrasi trans-disipliner dilakukan dengan mengaitkan berbagai matapelajaran yang ada dengan permasalahan-permasalahan yang dijumpai di sekitarnya sehingga pembelajaran menjadi kontekstual. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan aktivitas mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan menciptakan. Proses pembelajan ini merupakan proses dari pendekatan saintifik. Ridwan Abdullah Sani (2014:54) mengungkapkan bahwa komponen pendekatan saintifik yaitu melakukan pengamatan atau observasi, mengajukan pertanyaan, melakukan eksperimen untuk memperoleh informasi, mengasosiasi atau menalar, dan membangun atau mengembangan jaringan dan berkomunikasi. Sunarti (2014:3) mengungkapkan bahwa penilaian kurikulum 2013 lebih ditekankan pada penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai masukan, proses dan hasil pembelajaran. Bila pada kurikulum KTSP penilaian lebih menekankan pada aspek pengetahuan yang menjadikan tes sebagai cara penilaian yang dominan maka kurikulum 2013 menekankan pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan secara proporsional sesuai dengan kaakteristik peserta didik yang sistem penilaiannya berdasarkan tes dan portofolio yang saling melengkapi.

Kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013

Pengembangan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013 menekankan pada aspek yang tidak hanya pengetahuan saja yang menjadi tolok ukur keberhasilan peserta didik namun juga aspek sikap dan keterampilan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi dari kurikulum 2013 memiliki kelebihan serta kekurangan.

Kelebihan kurikulum 2013, yaitu:

Kurikulum 2013 dilakukan melalui pembelajaran tematik terpadu membuat peserta didik mempelajari serta memperoleh  science secara komprehensif. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik memungkinkan peserta didik belajar secara kontekstual  dan mampu berfikir secara ilmiah. Pendidikan karakter dijadikan hal penting yang termuat dalam semua mata pelajaran menjadikan peserta didik tidak hanya menguasai pengetahuan namun juga penerapannya serta cara pengambilan keputusan menggunakan etika yang berlaku. Adanya buku guru dan buku siswa menjadi pedoman tidak hanya bagi pendidik, peserta didik namun juga bagi orangtua.

Sedangkan kekurangan dari kurikulum 2013, yakni:

Pemerintah belum sepenuhnya memberikan pemerataan penunjang kurikulum 2013 ke lembaga pendidikan atau sekolah baik berupa buku guru dan buku siswa sampai pada fasilitas berupa LCD serta proyektor. Sosialisasi gencar dilakukan ke lembaga pendidikan namun tidak pada subjek pendidikan atau peserta didik, orantua serta masyarakat. Kurikulum 2013 menuntut pendidik tidak hanya aktif dan kreatif namun juga inovatif. Hal ini menjadi tugas besar pada pemerintah khususnya subjeknya yaitu pendidik untuk meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Kurikulum 2013 (Karakteristik, Implementasi, Kelebihan dan Kekurangan)"

  1. K 13 sebenernya melelahkan, soalnya materi di buku pun ga lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. K13 kan tematik kak. Jadi materi bisa kita dapatkan secara kontekstual kak.

      Hapus
  2. Setiap kurikulum memliki kelebihan dan kekurangan harapnnya kekurangan di k13 bisa di perbaiki di kurikulum selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Tepat sekali. Harapannya kedepannya akan lebih baik lagi.

      Hapus
  3. K-13 itu sebenarnya bagus, tapi kalo ada full day jadi nya ga bagus. Nice gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak untuk fullday kurang efektif untuk pembelajaran.

      Hapus
  4. artikel yang bermanfaat bagi saya sebagai tenaga pengajar di sekolah, terimakasih

    BalasHapus
  5. Mirip dengan blog aku ni nichenya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !