RPP SD Kelas 4 SBK Kerajinan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
SBK
|
Kelas/
Semester
|
:
|
4 (empat)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (2x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
8. Membuat karya kerajinan dan
benda konstruksi
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
8.1. Merancang karya kerajinan
dengan memanfaatkan teknik dan motif hias nusantara
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
karya kerajinan
b. Produk
1) Membuat
karya kerajinan dengan teknik menganyam
2. Afektif
a. Karakter
1) Aktif
dalam menganyam
b. Keterampilan
sosial
1) Bekerja
sama dalam pasangan
3. Psikomotorik
a. Terampil
dalam membuat anyaman
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Melalui
bernyanyi dan ceramah siswa mampu mengetahui karya kerajinan dengan benar
b. Produk
1) Melalui
penugasan dan diskusi siswa mampu membuat karya kerajinan dengan teknik
menganyam
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui
tanya jawab siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif
b. Keterampilan
sosial
1) Melalui
penugasan siswa mampu bekerja sama dengan baik
3. Psikomotorik
a. Melalui
penugasan siswa mampu membuat anyaman dengan terampil
C. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pokok
a. Karya
kerajinan
b. Teknik
menganyam
2. Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3. Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Bernyanyi, ceramah, diskusi, penugasan, tanya
jawab,
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
5 menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Guru
memusatkan perhatian siswa dengan bernyanyi lagu “BERKARYA”
b. Siswa
bersama guru bernyanyi lagu “BERKARYA”
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Aktif
|
Bernyanyi
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Guru
menampilkan gambar kerajinan
b. Siswa
menebak nama kerajinan. (analisis)
c. Siswa
menuliskan di buku tugas. (mengkomunikasikan)
d. Siswa
bersama guru menyimpulkan karya kerajinan.
|
10
menit
|
Cermat
|
Pengamatan
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari.
(bertanya)
b. Guru
menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
|
5
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar dengan “KARYAKU”
a. Siswa
dibentuk menjadi berpasangan.
b. Setiap
pasangan mendapatkan bahan anyaman
c. Setiap
pasangan mebuat anyaman
d. Setiap
kelompok mempresentasikan anyaman yang dibuat
|
10
menit
|
Kerjasama
|
Penugasan
|
|
Tahap
V Pemodelanan
a. Salah
satu pasangan yang terbaik maju kedepan untuk menjelaskan cara menganyam
b. Pasangan
yang lain diberi kesempatan untuk bertanya
|
10
menit
|
Cermat
|
Penugasan
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari
b. Siswa
menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru
|
5
menit
|
Menghargai
|
Diskusi
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Guru
memberikan soal individu kepada siswa.
b. Siswa
mengerjakan soal.
|
10 menit
|
Tanggungjawab
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Salah
satu siswa memimpin doa
c. Siswa
memberi salam kepada guru
|
5
menit
|
Aktif
|
Ceramah
Penugasan
|
F. Sumber
Belajar
Sumber Belajar
|
Pustaka rujukan
|
http://eripurnamasari02.blogspot.co.id/2015/02/macam-jenis-teknik-dan-produk-anyaman.html
|
Media pembelajaran
|
Anyaman
|
|
Alat pelajaran
|
Papan tulis
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
karya kerajinan
b. Produk
1) Membuat
karya kerajinan dengan teknik menganyam
2. Afektif
a. Karakter
1) Aktif
dalam menganyam
b. Keterampilan
sosial
1) Bekerja
sama dalam pasangan
3. Psikomotorik
a. Terampil
dalam membuat anyaman
|
Tes tertulis
Non tes
Non tes
|
Isian
Pengamatan
Produk
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 4 SBK Kerajinan"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !