RPP SD Kelas 3 Bahasa Indonesia Menyusun Paragraf
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/
Semester
|
:
|
3 (tiga)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (2x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
4. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Menjelaskan
karangan sederhana
b. Produk
1) Menulis
karangan dari pikiran sendiri
2. Afektif
a. Karakter
1) Kreatif
dalam menulis karangan
b. Keterampilan
sosial
1) Berkomunikasi
baik dalam pembelajaran
3. Psikomotorik
a. Terampil
memilih gambar acak
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Melalui
bernyanyi dan ceramah siswa mampu menjelaskan karangan sederhana dengan
menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat.
b. Produk
1) Melalui
penugasan dan permainan siswa mampu menulis karangan dari pikiran sendiri
dengan tepat.
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui
tanya jawab dan penugasan siswa mampu menulis karangan dengan kreatif
b. Keterampilan sosial
1) Melalui
diskusi siswa mampu menikuti pembelajaran dengan komunikasi baik
3. Psikomotorik
a. Melalui
permainan dan pengamatan siswa mampu memilih gambar acak dengan terampil
C. Materi
Pembelajaran
1.
Materi pokok
a. Langkah
membuat karangan
b. Tanda
hubung dalam karangan
2.
Kis-kisi materi dan materi ajar
(terlampir)
3.
Lembar kerja siswa dan bahan ajar
(terlampir)
D. Metode
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Bernyanyi, ceramah, tanya jawab, pengamatan,
diskusi, penugasan dan permainan.
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
5 menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Siswa
dipusatkan perhatiannya oleh guru dengan menyanyikan lagu “karangan”
b. Guru
mengaitkan lagu dengan materi karangan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
5
menit
|
Aktif
Tanggungjawab
|
Bernyanyi
Ceramah
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Siswa
mengamati contoh teks karangan (mengamati)
b. Siswa
menjelaskan tentang teks karangan (mengkomunikasikan)
c. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan tentang teks karangan
|
10
menit
|
Aktif
Tanggungjawab
|
Pengamatan
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari.
(bertanya)
b. Guru
menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
|
5
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar dengan Permainan Gambar berSeri
a. Siswa
mendapatkan gambar berseri
b. Setiap
siswa menyusun gambar berseri
c. Setiap
siswa membuat karangan sesuai dengan gambar yang telah tersusun
|
10
menit
|
Kreativitas
|
Permainan
dan penugasan
|
|
Tahap
V Pemodelan
a. Siswa
maju ke depan untuk menyampaikan karangannya
b. Siswa
lain menilai
c. Siswa
bersama guru menyampaikan hasil penilaian
|
10
menit
|
Aktif
|
Penugasan
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari
b. Siswa
menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru lewat karangan
|
5
menit
|
Menghargai
|
Diskusi
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Guru
memberikan lembar kerja siswa.
b. Siswa
mengerjakan.
|
10
menit
|
Tanggungjawab
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah
c. Salah
satu siswa memimpin doa
d. Siswa
memberi salam kepada guru.
e. Guru
memberikan nasehat kepada siswa
|
5
menit
|
Aktif
Religius
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
F. Sumber
Belajar
Sumber
Belajar
|
Pustaka
rujukan
|
IKAPI. 2016.
Buku Pegangan Guru Zamrud SD/MI Kelas 3 Semester 1. Surakarta: Putra Nugraha.
Hlm, 82.
|
Media
pembelajaran
|
Gambar berseri
|
|
Alat
pelajaran
|
LKS dan papan
tulis
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1.
Kognitif
a.
Proses
1)
Menjelaskan karangan sederhana
b.
Produk
1)
Menulis karangan dari pikiran sendiri
2.
Afektif
a.
Karakter
1)
Kreatif dalam menulis karangan
b.
Keterampilan sosial
2)
Berkomunikasi baik dalam pembelajaran
3.
Psikomotorik
a.
Terampil memilih gambar acak
|
Tes
lisan
Tes
tertulis
Non
tes
Non
tes
|
Tanya
jawab
Uraian
Pengamatan
Pengamatan
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 3 Bahasa Indonesia Menyusun Paragraf"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !