RPP SD Kelas 2 Bahasa Jawa Kegiatan Sehari-hari
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah 
 | 
  
: 
 | 
  
- 
 | 
 
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Bahasa Jawa 
 | 
 
Kelas/
  Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
2 (dua)/ 1 (satu) 
 | 
 
Pertemuan ke 
 | 
  
: 
 | 
  
1 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
Satu kali pertemuan (2x35’) 
 | 
 
Standar
  Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
2. Mampu mengungkapkan gagasan
  dan perasaan secara lisan beripa pesan, percakapan, sederhana dan tokoh
  wayang. 
 | 
 
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
2.1 Mengajukan pertanyaan secara
  lisan mengenai kegiatan sehari-hari dengan menggunakan bahasa tertentu 
 | 
 
A.  Indikator
1.      Kognitif
a.       Proses
1)      Nyebutake
arane dina
b.      Produk
1)      Nulis
aksara jawa dina
2.      Afektif
a.       Karakter
1)      Seneng
bahasa jawa
b.      Keterampilan
sosial
1)      Kerja
sama karo kancane
3.      Psikomotorik
a.       Terampil
milih jawaban
B.  Tujuan
Pembelajaran
1.      Kognitif
a.       Proses
1)      Lewat
nembang lan tanya jawab siswa iso nyebutke arane dina kanthi bener
b.      Produk
2)      Lewat
ceramah lan penugasan siswa iso nulis nganggo aksara jawa kanthi bener
2.      Afektif
a.       Karakter
1)      Lewat
pengamatan siswa seneng bahasa jawa kanthi nggatekake
b.      Keterampilan
sosial
1)      Lewat
diskusi siswa iso kerja sama karo kancane kanthi apik
3.      Psikomotorik
1)      Lewat
permainan siswa iso milih jawaban kanthi terampil
C.  Materi
Pembelajaran
1.      Materi
pokok
a.       Dina
2.      Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3.      Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
D.  Metode
Pembelajaran
Pendekatan  
 | 
  
: 
 | 
  
Scientifik 
 | 
 
Model 
 | 
  
: 
 | 
  
Contekstual Teaching and Learning 
 | 
 
Metode 
 | 
  
: 
 | 
  
Tanya jawab, bernyanyi, ceramah, penugasan,
  pengamatan, diskusi dan permainan 
 | 
 
E.   Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJARAN 
 | 
  
SKENARIO PEMBELAJARAN 
 | 
  
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
PKB 
 | 
  
METODE 
 | 
 
1.    
  Pra
  Kegiatan 
 | 
  
a.      
  Peserta didik memberi salam. 
b.     
  Salah satu peserta didik
  diberikan kesempatan untuk memimpin doa 
c.      
  Peserta didik diabsensi oleh
  guru. 
 | 
  
10 menit 
 | 
  
Religius 
Disiplin 
 | 
  
Ceramah 
Tanya
  jawab 
 | 
 
2.    
  Kegiatan
  awal 
 | 
  
Tahap
  I. Kontruktivisme 
a.     Guru
  bertanya jawab dengan siswa tentang “ dina saiki” 
b.     Guru
  mengaitkan tanya jawab dengan materi. 
c.     Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
 | 
  
10
  menit 
 | 
  
Aktif 
Tanggungjawab
   
 | 
  
Tanya
  jawab 
Ceramah
   
 | 
 
3.    
  Kegiatan
  inti 
 | 
  
Tahap
  II Inkuiri 
a.    Guru
  bernyanyi bersama siswa  “dina” 
b.    Siswa
  menyebutkan “dina saiki” 
 | 
  
5
  menit 
 | 
  
Aktif
   
 | 
  
Bernyanyi
   
Penugasan 
 | 
 
Tahap
  III Bertanya 
a.    Siswa
  di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari.
  (bertanya) 
b.    Guru
  menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain. 
c.    Siswa
  dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan) 
 | 
  
2
  menit 
 | 
  
Aktif 
 | 
  
Tanya
  jawab 
Diskusi 
 | 
 |
Tahap
  IV Masyarakat Belajar dengan Permainan Pohon “DINA” 
a.    Guru
  memberikan pohon “DINA” 
b.    Setipa
  siswa mendapatkan kartu nomer. 
c.    Guru
  menyampaikan petunjuk permainan 
d.   Siswa
  mengerjakan pohon “DINA” 
e.    Yang
  sudah selesai maju ke depan untuk mengambil bintang impian. 
 | 
  
10
  menit 
 | 
  
Kerjasama 
 | 
  
Permainan
  dan penugasa 
 | 
 |
Tahap
  V Pemodelanan 
a.        
  Guru menjelaskan “aksara jawa” 
b.        
  Siswa menulis “aksara jawa” 
 | 
  
10
  menit 
 | 
  
Aktif 
 | 
  
Penugasan
    
 | 
 |
Tahap
  VI Refleksi 
a.    Siswa
  dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari 
b.    Siswa
  menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru lewat surat kasih
  sayang. 
 | 
  
3
  menit 
 | 
  
Menghargai
   
 | 
  
Diskusi 
 | 
 |
Tahap
  VII Penilaian Autentik 
a.    Guru
  memperlihatkan kartu “DINA” 
b.    Setiap
  siswa mendapat kesempatan maju ke depan untuk menjodohkan kartu “DINA” 
 | 
  
10
  menit 
 | 
  
Aktif
   
 | 
  
Penugasan
   
 | 
 |
4.    
  Kegiatan
  akhir 
 | 
  
a.    Siswa
  dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas. 
b.    Guru
  memberikan tugas pekerjaan rumah 
c.    Salah
  satu siswa memimpin doa 
d.   Siswa
  memberi salam kepada guru. 
e.    Guru
  memberikan nasehat kepada siswa 
 | 
  
10
  menit 
 | 
  
Aktif 
 | 
  
Ceramah 
Penugasan 
Ceramah
   
 | 
 
F.   Sumber
Belajar
Sumber Belajar 
 | 
  
Pustaka rujukan 
 | 
  
Pangripta. 2016. Sesuluh Basa Jawa Kelas 2
  Semester Ganjil. Surakarta: Adinugraha. Hlm, 29. 
 | 
 
Media pembelajaran 
 | 
  
Pohon dan kartu DINA 
 | 
 |
Alat pelajaran 
 | 
  
LKS dan papan tulis 
 | 
 
G.  Penilaian
Indikator 
 | 
  
Teknik 
 | 
  
Bentuk 
 | 
  
Kriteria
  penilaian 
 | 
 
1.    Kognitif 
a.       Proses 
1)      Nyebutake
  arane dina 
b.      Produk 
2)      Nulis
  aksara jawa dina 
2.    Afektif 
a.       Karakter 
1)      Seneng
  bahasa jawa 
b.      Keterampilan
  sosial 
2)      Kerja
  sama karo kancane 
3.    Psikomotorik 
a.       Terampil
  milih jawaban 
 | 
  
Tes lisan 
Tes tertulis 
Non tes 
Non tes 
Praktek  
 | 
  
Tanya jawab 
Uraian 
Pengamatan 
Pengamatan 
Cek list    
 | 
  
Pedoman
  terlampir  
 | 
 
Mengetahui, 
Kepala
  sekolah 
- 
 | 
  
Magelang,
  - 
Guru 
Indah
  Susanti 
 | 
 

0 Response to "RPP SD Kelas 2 Bahasa Jawa Kegiatan Sehari-hari"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !