RPP SD Kelas 2 Bahasa Jawa Kegiatan Sehari-hari
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Jawa
|
Kelas/
Semester
|
:
|
2 (dua)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (2x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
2. Mampu mengungkapkan gagasan
dan perasaan secara lisan beripa pesan, percakapan, sederhana dan tokoh
wayang.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.1 Mengajukan pertanyaan secara
lisan mengenai kegiatan sehari-hari dengan menggunakan bahasa tertentu
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Nyebutake
arane dina
b. Produk
1) Nulis
aksara jawa dina
2. Afektif
a. Karakter
1) Seneng
bahasa jawa
b. Keterampilan
sosial
1) Kerja
sama karo kancane
3. Psikomotorik
a. Terampil
milih jawaban
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Lewat
nembang lan tanya jawab siswa iso nyebutke arane dina kanthi bener
b. Produk
2) Lewat
ceramah lan penugasan siswa iso nulis nganggo aksara jawa kanthi bener
2. Afektif
a. Karakter
1) Lewat
pengamatan siswa seneng bahasa jawa kanthi nggatekake
b. Keterampilan
sosial
1) Lewat
diskusi siswa iso kerja sama karo kancane kanthi apik
3. Psikomotorik
1) Lewat
permainan siswa iso milih jawaban kanthi terampil
C. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pokok
a. Dina
2. Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3. Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Tanya jawab, bernyanyi, ceramah, penugasan,
pengamatan, diskusi dan permainan
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
10 menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang “ dina saiki”
b. Guru
mengaitkan tanya jawab dengan materi.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
10
menit
|
Aktif
Tanggungjawab
|
Tanya
jawab
Ceramah
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Guru
bernyanyi bersama siswa “dina”
b. Siswa
menyebutkan “dina saiki”
|
5
menit
|
Aktif
|
Bernyanyi
Penugasan
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari.
(bertanya)
b. Guru
menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
|
2
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar dengan Permainan Pohon “DINA”
a. Guru
memberikan pohon “DINA”
b. Setipa
siswa mendapatkan kartu nomer.
c. Guru
menyampaikan petunjuk permainan
d. Siswa
mengerjakan pohon “DINA”
e. Yang
sudah selesai maju ke depan untuk mengambil bintang impian.
|
10
menit
|
Kerjasama
|
Permainan
dan penugasa
|
|
Tahap
V Pemodelanan
a.
Guru menjelaskan “aksara jawa”
b.
Siswa menulis “aksara jawa”
|
10
menit
|
Aktif
|
Penugasan
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari
b. Siswa
menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru lewat surat kasih
sayang.
|
3
menit
|
Menghargai
|
Diskusi
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Guru
memperlihatkan kartu “DINA”
b. Setiap
siswa mendapat kesempatan maju ke depan untuk menjodohkan kartu “DINA”
|
10
menit
|
Aktif
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah
c. Salah
satu siswa memimpin doa
d. Siswa
memberi salam kepada guru.
e. Guru
memberikan nasehat kepada siswa
|
10
menit
|
Aktif
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
F. Sumber
Belajar
Sumber Belajar
|
Pustaka rujukan
|
Pangripta. 2016. Sesuluh Basa Jawa Kelas 2
Semester Ganjil. Surakarta: Adinugraha. Hlm, 29.
|
Media pembelajaran
|
Pohon dan kartu DINA
|
|
Alat pelajaran
|
LKS dan papan tulis
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1. Kognitif
a. Proses
1) Nyebutake
arane dina
b. Produk
2) Nulis
aksara jawa dina
2. Afektif
a. Karakter
1) Seneng
bahasa jawa
b. Keterampilan
sosial
2) Kerja
sama karo kancane
3. Psikomotorik
a. Terampil
milih jawaban
|
Tes lisan
Tes tertulis
Non tes
Non tes
Praktek
|
Tanya jawab
Uraian
Pengamatan
Pengamatan
Cek list
|
Pedoman
terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 2 Bahasa Jawa Kegiatan Sehari-hari"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !