RPP SD Kelas 2 PKn Cinta Lingkungan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
PKn
|
Kelas/
Semester
|
:
|
2 (lima)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (2x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
2.
Menampilkan sikap cinta lingkungan
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.1. Mengenal pentingnya
lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Menjelaskan
bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
b. Produk
1) Mengidentifikasi
tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
2) Menuliskan
sikap hidup sehari-hari bahwa harus meyayangi semua makhluk (manusia, hewan,
tumbuhan)
2. Afektif
a. Karakter
1) Peduli
terhadap lingkungan
b. Keterampilan
sosial
1) Disiplin
mematuhi aturan bersama
3. Psikomotorik
a. Terampil
membaca dan menulis
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Melalui
bernyanyi dan ceramah siswa mampu menjelaskan bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang
Maha Esa dengan benar
b. Produk
1) Melalui
pengamatan dan diskusi siswa mampu mengidentifikiasi tata cara hidup berdampingan
dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan benar
2) Melalui
tanya jawab dan penugasan siswa mampu menuliskan sikap hidup sehari-hari bahwa
harus menyayangi semua makhluk dengan benar
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui
pengamatan siswa mampu mencintai lingkungan dengan peduli
b. Keterampilan
sosial
1) Melalui
ceramah siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan mematuhi aturan bersama
3. Psikomotorik
a. Melalui
penugasan siswa mampu membaca dan menulis dengan terampil
C. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pokok
a. Mencintai
lingkungan
2. Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3. Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Bernyanyi, ceramah, tanya jawab, diskusi, pengamatan
dan penugasan
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJA
RAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
5
menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Siswa
dipusatkan perhatiannya oleh guru dengan bernyanyi lagu “lihat kebunku”
b. Siswa
bersama guru bernyanyi bersama
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Aktif
|
Bernyanyi
Ceramah
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Siswa
mengamati gambar lingkungan
b. Siswa
diberikan kesempatan untuk menjelaskan apa yang mereka amati
c. Siswa
bersama guru menyimpulkan apa yang diamati
|
10
menit
|
Cermat
Berani
Tanggungjawab
|
Pengamatan
Ceramah
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya
b. Guru
berdiskusi tentang materi
c. Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
|
5
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar
a. Siswa
diberikan tugas untuk merangkai gambar
b. Guru
memberikan petunjuk merangkai gambar
c. Siswa
merangkai gambar
d. Salah
satu siswa diberikan kesempatan untuk menjelaskan
|
10
menit
|
Cermat
Berani
|
Penugasan
|
|
Tahap
V Pemodelanan
a. Siswa
melakukan percakapan tentang merawat tumbuhan sesuai teks
b. Guru
membimbing siswa memahami isi teks
c. Siswa
diberikan kesempatan untuk menjelaskan isi percakapan
|
10
menit
|
Aktif
|
Penugasan
Ceramah
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya
b. Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
|
5
menit
|
Tanggungjawab
|
Diskusi
Ceramah
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Siswa
diberikan tugas individu
b. Siswa
mengerjakan tugas
c. Guru
mengawasi siswa
d. Setelah
selesai siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabannya
|
10 menit
|
Tanggungjawab
Jujur
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Salah
satu siswa memimpin doa
c. Siswa
memberi salam kepada guru
|
10
menit
|
Aktif
|
Ceramah
Penugasan
|
F. Sumber
Belajar
Sumber Belajar
|
Pustaka rujukan
|
Tim
Bina Karya Guru. Bina PKn SD dan MI
Kelas II. Jakarta: Gajah Mada Bina Karya Guru. Hlm, 41-46.
|
Media pembelajaran
|
Puzzle sederhana
|
|
Alat pelajaran
|
Papan tulis dan LKS
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1. Kognitif
a. Proses
1) Menjelaskan
bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
b. Produk
1) Mengidentifikasi
tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
2) Menuliskan
sikap hidup sehari-hari bahwa harus meyayangi semua makhluk (manusia, hewan,
tumbuhan)
2. Afektif
a. Karakter
1) Peduli
terhadap lingkungan
b. Keterampilan
sosial
2) Disiplin
mematuhi aturan bersama
3. Psikomotorik
a. Terampil
membaca dan menulis
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes tertulis
Non tes
Non tes
Non tes
|
Tanya jawab
Isian
Isian
Pengamatan
Pengamatan
Praktek
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 2 PKn Cinta Lingkungan"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !