RPP SD Kelas 5 Bahasa Jawa Pidato
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Jawa
|
Kelas/
Semester
|
:
|
5 (lima)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (2x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas,logis, dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.1. Membuat dan menyajikan teks
pidato sederhana dengan ragam krama
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
teks pidato
b. Produk
2) Menyajikan
teks pidato
2. Afektif
a. Karakter
1) Aktif
dalam pembelajaran teks pidato
b. Keterampilan
sosial
1) Mendengarkan
orang menyajikan teks pidato
3. Psikomotorik
a. Terampil
menyajikan teks pidato
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Melalui
ceramah dan tanya jawab siswa mampu mengetahui teks pidato dengan benar
b. Produk
1) Melalui
penugasan siswa mampu menyajikan teks pidato dengan baik
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui
diskusi siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif
b. Keterampilan
sosial
1) Melalui
penugasan siswa mampu mendengarkan oranglain dengan baik
3. Psikomotorik
a. Melalui
penugasan siswa mampu menyajikan teks pidato dengan terampil
C. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pokok
a. Teks
pidato
2. Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3. Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJA
RAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
5 menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang sesorah. (tanya jawab)
b. Siswa
diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang sesorah.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Siswa
membaca tentang sesorah. (pengamatan)
b. Guru
menjelaskan tentang sesorah.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan tentang sesorah
|
10
menit
|
Teliti
|
Pengamatan
Ceramah
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari.
(bertanya)
b. Guru
menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
|
5
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar
a. Siswa
bergiliran membaca teks pidato (mengkomunikasikan)
b. Siswa
yang lainnya memperhatikan
c. Guru
menilai siswa dalam membaca teks pidato
|
10
menit
|
Kerjasama
|
Penugasan
|
|
Tahap
V Pemodelanan
a. Guru
menyampaikan hasil penilaian kepada siswa
b. Guru
memberi contoh cara menyajikan teks pidato dengan benar.
|
10
menit
|
Aktif
|
Penugasan
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari
b. Siswa
menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru
|
5
menit
|
Menghargai
|
Diskusi
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Guru
memberikan soal individu kepada siswa.
b. Siswa
mengerjakan soal.
|
10 menit
|
Tanggungjawab
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Salah
satu siswa memimpin doa
c. Siswa
memberi salam kepada guru
|
5
menit
|
Aktif
|
Ceramah
Penugasan
|
F. Sumber
Belajar
Sumber Belajar
|
Pustaka rujukan
|
Yatmana,
Sudi & Suprihatin, Darmi. 2015. Aku Bisa Basa Jawa. Jawa Tengah:
Yudhistira. Hlm, 4-8.
|
Media pembelajaran
|
Catatan kecil
|
|
Alat pelajaran
|
Papan tulis
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
teks pidato
b. Produk
1) Menyajikan
teks pidato
2. Afektif
a. Karakter
1) Aktif
dalam pembelajaran teks pidato
b. Keterampilan
sosial
2) Mendengarkan
orang menyajikan teks pidato
3) Psikomotorik
a. Terampil
menyajikan teks pidato
|
Tes lisan
Non tes
Non tes
|
Tanya jawab
Pengamatan
Cek list
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 5 Bahasa Jawa Pidato"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !