RPP SD Kelas 1 IPS Kasih Sayang Antar Anggota Keluarga
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/
Semester
|
:
|
I (satu)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (3x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
1.
Memahami
identitas diri dan keluraga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan
keluarga
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.3.
Menceritakan
kasih sayang antar anggota keluarga
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
kasih sayang antar anggota keluarga.
b. Produk
1) Menjelaskan
kasih sayang orangtua kepada anaknya.
2) Menjelaskan
kasih sayang anak kepada orangtuanya.
2. Afektif
a. Karakter
1) Tanggungjawab
dalam memperagakan kasih sayang anak kepada orangtuanya.
b. Keterampilan
sosial
1) Bekerja
kelompok dalam mencontohkan kasih sayang orangtua kepada anaknya.
3. Psikomotorik
a. Terampil
memilah jawaban contoh kasih sayang orangtua kepada anaknya.
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Melalui
bernyanyi dan ceramah siswa mampu mengetahui kasih sayang antar anggota
keluarga dengan benar
b. Produk
1) Melalui
pengamatan dan diskusi siswa mampu menjelaskan kasih sayang orangtua kepada
anaknya dengan benar
2) Melalui
penugasan siswa mampu menjelaskan kasih sayang anak kepada orangtuanya dengan
benar.
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui
bernyanyi siswa mampu memperagakan kasih sayang anak kepada orangtuanya dengan
bertanggungjawab.
b. Keterampilan sosial
1) Bekerja
kelompok dalam mencontohkan kasih sayang orangtua kepada anaknya.
3. Psikomotorik
a. Melalui
permainan siswa mampu memilah jawaban contoh kasih sayang orangtua kepada
anaknya dengan baik.
C. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pokok
2. Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3. Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
a. Kasih
sayang orangtua kepada anaknya
b. Kasih
sayang anak kepada orangtuanya
D. Metode
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Bernyanyi, ceramah, tanya jawab, pengamatan,
diskusi, penugasan dan permainan.
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
5 menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Siswa
dipusatkan perhatiannya oleh guru dengan menyanyikan lagu “satu-satu aku
sayang ibu”.
b. Guru
mengaitkan lagu dengan materi kasih sayang dalam keluarga.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
10
menit
|
Aktif
Tanggungjawab
|
Bernyanyi
Ceramah
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Guru
memberikan gambar keluarga.
b. Siswa
mencari contoh kasih sayang orangtua kepada anaknya. (mengamati)
c. Siswa
mencatat contoh kasih sayang yang ada di gambar ke dalam lembar kerja siswa.
(menganalisis)
d. Siswa
bersama guru menyimpulkan kasih sayang dalam keluarga. (mengkomunikasikan)
|
20
menit
|
Aktif
Tanggungjawab
|
Pengamatan
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari.
(bertanya)
b. Guru
menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
|
5
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar dengan Permainan Kartu “KASIH SAYANG”
a. Siswa
berpasangan
b. Setiap
pasangan mendapat kartu “KASIH SAYANG”
c. Guru
menyampaikan petunjuk permainan
d. Siswa
secara berpasangan menjodohkan kartu “KASIH SAYANG”
e. Pasangan
yang pertama selesai maju ke depan untuk mengambil bintang impian.
|
20
menit
|
Kerjasama
|
Permainan
dan penugasa
|
|
Tahap
V Pemodelan
a. Siswa
bersama guru menyanyikan lagu “AIA”
b. Guru
menjelaskan lagu “AIA”
c. Siswa
bersama guru memperagakan lagu “AIA”
|
15
menit
|
Aktif
|
Bernyanyi
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari
b. Siswa
menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru lewat surat kasih
sayang.
|
5
menit
|
Menghargai
|
Diskusi
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Guru
memberikan lembar kerja siswa.
b. Siswa
mengerjakan.
|
20
menit
|
Tanggungjawab
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah
c. Salah
satu siswa memimpin doa
d. Siswa
memberi salam kepada guru.
e. Guru
memberikan nasehat kepada siswa
|
5
menit
|
Aktif
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
F. Sumber
Belajar
Sumber Belajar
|
Pustaka rujukan
|
IKAPI. 2016. Buku Pegangan Guru Zamrud SD/MI Kelas
1 Semester 1. Surakarta: Putra Nugraha. Hlm, 50-51.
|
Media pembelajaran
|
Kartu kasih sayang
|
|
Alat pelajaran
|
LKS dan papan tulis
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
kasih sayang antar anggota keluarga.
b. Produk
1) Menjelaskan
kasih sayang orangtua kepada anaknya.
2) Menjelaskan
kasih sayang anak kepada orangtuanya.
2. Afektif
a. Karakter
1) Tanggungjawab
dalam memperagakan kasih sayang anak kepada orangtuanya.
b. Keterampilan
sosial
2) Bekerja
kelompok dalam mencontohkan kasih sayang orangtua kepada anaknya.
3. Psikomotorik
a. Terampil
memilah jawaban contoh kasih sayang orangtua kepada anaknya.
|
Tes lisan
Tes tertulis
Non tes
Non tes
Non tes
|
Tanya jawab
PG
Pengamatan
Pengamatan
Praktik
|
Pedoman
penilaian terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 1 IPS Kasih Sayang Antar Anggota Keluarga"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !