RPP SD Kelas 3 Matematika Alat Ukur
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
-
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas/
Semester
|
:
|
3 (tiga)/ 1 (satu)
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Satu kali pertemuan (2x35’)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
2. Menggunakan pengukuruan waktu,
panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.1 Memilih alat ukur sesuai
dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
|
A. Indikator
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
alat ukur panjang, berat dan waktu.
b. Produk
1) Menyebutkan
alat ukur panjang
2) Menaksir
panjang benda dan memeriksa hasilnya
2. Afektif
a. Karakter
1) Aktif
dan gemar membaca tentang alat ukur
b. Keterampilan
sosial
1) Bekerja
sama dalam kelompok
3. Psikomotorik
a. Terampil
mengukur panjang
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a. Proses
1) Melalui
bernyanyi siswa mampu mengetahui alat ukur dengan benar
b. Produk
1) Melalui
ceramah dan pengamatan siswa mampu menyebutkan alat ukur panjang dengan benar
2) Melalui
penugasan dan tanya jawab siswa mampu menaksir dan memeriksa hasil taksiran
dengan benar.
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui
penugasan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan aktif dan gemar membaca.
b. Keterampilan
sosial
1) Melalui
diskusi siswa mampu menyelesaikan tugas dengan bekerja kelompok
3. Psikomotorik
a. Melalui
penugasan siswa mampu mengukur panjang dengan terampil.
C. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pokok
a. Alat
ukur panjang
b. Menaksir
dan memeriksa hasil taksiran
2. Kis-kisi
materi dan materi ajar (terlampir)
3. Lembar
kerja siswa dan bahan ajar (terlampir)
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
|
:
|
Scientifik
|
Model
|
:
|
Contekstual Teaching and Learning
|
Metode
|
:
|
Bernyanyi, ceramah, penugasan, tanya jawab, pengamatan,
diskusi
|
E. Langkah-langah
Pembelajaran
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PKB
|
METODE
|
1.
Pra
Kegiatan
|
a.
Peserta didik memberi salam.
b.
Salah satu peserta didik
diberikan kesempatan untuk memimpin doa
c.
Peserta didik diabsensi oleh
guru.
|
5 menit
|
Religius
Disiplin
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
Kegiatan
awal
|
Tahap
I. Kontruktivisme
a. Guru
memusatkan perhatian siswa dengan bernyanyi lagu “ALAT UKUR”
b. Siswa
bersama guru bernyanyi lagu “ALAT UKUR”
c. Siswa
bersama guru menyimpulkan alat ukur.
|
10
menit
|
Aktif
|
Bernyanyi
|
3.
Kegiatan
inti
|
Tahap
II Inkuiri
a. Guru
menampilkan gambar alat ukur panjang.
b. Siswa
menebak nama alat ukur panjang dan kegunaannya. (analisis)
c. Siswa
menuliskan di buku tugas. (mengkomunikasikan)
d. Siswa
bersama guru menyimpulkan alat ukur panjang dan kegunaannya.
|
10
menit
|
Cermat
|
Pengamatan
|
Tahap
III Bertanya
a. Siswa
di berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah di pelajari. (bertanya)
b. Guru
menjawab dengan berdiskusi dengan siswa lain.
c. Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
|
5
menit
|
Aktif
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
Tahap
IV Masyarakat Belajar dengan Permainan “JODOH AKUR/alat ukur”
a. Siswa
dibentuk menjadi 4 kelompok.
b. Setiap
kelompok mendapatkan kartu AKUR
c. Setiap
kelompok menjodohkan kartu AKUR
d. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kartu AKUR
|
10
menit
|
Kerjasama
|
Permainan
dan penugasa
|
|
Tahap
V Pemodelanan
a. Siswa
berkelompok mengukur panjang menggunakan penggaris.
b. Mengukur
panjang buku, polpen, pensil, dll.
c. Setiap
kelompok mencatat hasil pengukuran.
d. Siswa
bersama guru menyimpulkan penggunaan alat ukur panjang menggunakan penggaris.
|
10
menit
|
Cermat
|
Penugasan
|
|
Tahap
VI Refleksi
a. Siswa
dan guru berdiksusi tentang materi yang telah di pelajari
b. Siswa
menyampaikan kesan dan pesan pembelajaran kepada guru lewat surat kasih
sayang.
|
5
menit
|
Menghargai
|
Diskusi
|
|
Tahap
VII Penilaian Autentik
a. Guru
memberikan soal individu kepada siswa.
b. Siswa
mengerjakan soal.
c. Siswa
bersama guru membahasa jawaban.
|
10 menit
|
Tanggungjawab
|
Penugasan
|
|
4.
Kegiatan
akhir
|
a. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
b. Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah
c. Salah
satu siswa memimpin doa
d. Siswa
memberi salam kepada guru.
e. Guru
memberikan nasehat kepada siswa
|
5
menit
|
Aktif
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
F. Sumber
Belajar
Sumber Belajar
|
Pustaka rujukan
|
.
Matematika Zamrud SD/MI kelas 3 Semester 1. Surakarta: Putra Nugraha. Hlm,
72-73.
|
Media pembelajaran
|
Kartu “JODOH AKUR/alatukur)
|
|
Alat pelajaran
|
LKS dan papan tulis
|
G. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Kriteria
penilaian
|
1. Kognitif
a. Proses
1) Mengetahui
alat ukur panjang, berat dan waktu.
b. Produk
1) Menyebutkan
alat ukur panjang
2) Menaksir
panjang benda dan memeriksa hasilnya
2. Afektif
a. Karakter
1) Aktif
dan gemar membaca tentang alat ukur
b. Keterampilan
sosial
1) Bekerja
sama dalam kelompok
3. Psikomotorik
a. Terampil
mengukur panjang
|
Tes tertulis
Non tes
Non tes
Praktek
|
Uraian
Pengamatan
Pengamatan
Cek list
|
Pedoman
terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
sekolah
-
|
Magelang,
-
Guru
Indah
Susanti
|
0 Response to "RPP SD Kelas 3 Matematika Alat Ukur"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !