Persiapan Masuk Dunia Kerja

Pembekalan Calon Wisudawan

Salam santun sahabat ID. Semoga semua dalam keadaan baik. Ok, kali ini saya akan membagikan catatan saya setelah mengikuti pembekalan calon wisudawan. Materi apa yang akan kita bahas? Yuk simak selengkapnya torehan tinta hitam Indah Susanti.

Trend Tantangan Dunia Kerja Menghadapi MEA

Materi ini disampaikan oleh Drs. Mujahidun, M.Pd. Ada beberapa tinta hitam dalam catatan indahsusanti ID nih tentang materi yang disampikan beliau. Bicara tentang komposisi penduduk dan tenaga kerja maka ada dua kategori yakni kerja dan pengangguran. Fresh graduat? Tenang kawan ! Rizki sudah diatur oleh Tuhan. Termasuk jodoh juga. Eh eh eh.

Jodoh? Loh kok malah bicara jodoh. Yuk fokus lagi.

Apa sih masalahnya?
Ini nih 3 masalahnya yakni kualitas sumber daya alam yang rendah, angkatan kerja tidak sesuai dengan jumlah pekerjaan, dan yang ketiga adalah jumlah tenaga kerjaan tidak merata.

Lalu apa dong solusinya?
Dari beberapa hal yang terpenting adalah peningkatan sumber daya manusia. Bagaimana caranya? Lalu siapa yang akan berperan? Nah itu adalah tugas kita semua. Keep spirit pokoknya. Kayak ngejar jodoh dan menanti jodoh aja semangat. Loh loh loh. Jodoh lagi jodoh lagi.

Apa yang harus dibenahi untuk menghadapi MEA? Sahabat ID kepo? Oh gak kepo ya. Mau jadi pwngangguran?. Pertama nih perbaikan sistem pendidikan. Kedua pelatihan keterampilan, ketiga? Penguasaan tehnologi bro. Jangan bilang gak bisa komputer! Gak bisa? Masih ada waktu untuk belajar. Yuk belajar yuk !. BIMBEL ID siap membantu deh. Keempat sertifikasi kompetensi, kelima keseharan jasmani dan rohani, dan berjiwa entrepreneurship. Sahabat ID sudah punya semua itu? HA? BELUM? Duh duh duh. Gakpapa. Tenang aja. Berbenah yuk dari sekarang.

Lalu apa nih kita sahabat ID menghadapi MEA? ID kasih bocoran nih kiat-kiatnya. Ini kata pemateri nih sangat bermanfaat sekali.
1. Leadership
Harus jadi pemimpin? Tidak harus ! Terpenting mampu untuk bertanggungjawab. Ingat ya attitude is everything.
2. Publick speaking
Dag dig dug der.... duh duh duh. Jantung berdetak kencang nih kalo bicara di depan umum. Tenang sahabat ! Kita belajar daei sekarang yuk. Masih ada waktu.
3. Project management
4. Negotiation
Nepotisme? Eh bukan KKN sahabat, tapi negosiasi.
5. Networking
Males bergaul? Sama. Tapi ID mulau sadar nih ternyata bergaul itu penting. Kalau sudah sadar bisa berbenah nih dari sekarang. Ingat ya ! Pintar aja gak cukup.
6. Respectfull
Rendah hati dll bikin kita wow deh dimata oranglain. Sombong? Apa yang mau disombongkan? Semua hanya titipan Tuhan. Ingat ! Allah maha besar.
7. Opennes
8. Curiosity
Apa nih? Bahasa gaulnya sih kepo. Penting ya kepo dalam hal kebaikan bukan kepo pacar orang. Hehehe.
9. Profesional.

Alhamdulillah materi kali ini sudah selesai kita bahas ya sahabat ID. Oh ya ada pesan tersirat nih dari pemateri. Apa itu?
Gagal=banyak alasan=gagal
Nah itu adalah materi tentang trend tantangan dunia kerja menghadapi MEA. Yuk bahas materi kedua yuk.

Mengenali dan Stategi Dunia Kerja

Materi kedua ini kita akan mebahas tentang mengenali dan strategi masuk dunia kerja. Ok sahabat ID, langsung saja ID torehkan tinta hitam hasil catatan. Mendengarkan Nita Budi Astuti, SE dari Dinas Tenaga Kerja Kota Magelabg gak ada kata "maneman" deh. Sangat bermanfaat sekali pokoknya. Makanya yuk kepoin sampai akhir.

Hidup adalah pilihan. Ya kata ini hampir semua orang mempercayainya. Termasuk ID juga nih yang lagi bingung setelah wisuda mau kemana. Eh eh malah curhat. Yuk langsung dibahas.

Tiga pilihan setelah wisuda adalah berwirausaha, karir, dan ketiga adalah melanjutkan studi. Sahabat ID mau apa nih setelah wisuda? Ha? Nikah? Hehehe. Sebelum menentukan pilihan nih kita juga perlu mengenali diri kita.

Mengenali diri sendiri?
Ya. Mengenali diri sendiri sahabat. Apa aja yang perlu dikenali? Pertama nih minat, apa minat sahabat ID? Pikirkan ya. Kedua bakat ya, bakat nih fitrah setiap manusia pasti dibekali dengan bakat. Ketiga gali potensi sahabat, dan yang keempat adalah tajamkan visi sahabat ya.

Lalu bagaimana cara mengenali dunia kerja?
Sahabat, ID kasih tahu nih dua hal yang harus kita lakukan untuk mengenali dunia kerja.
1. Belajar
Dengan belajar maka akan membuka wawasan kita dan mampu menambah pengetahuan.
2. Bergaul
Ya. Bergaul sahabat ID. Bergaul dapat membangun link loh dan pastinya bisa menggali bangak informasi. Manfaatkan aja sahabat ! Eh tapi yang baik ya dengan cara baik pula.

Strategi masuk dunia kerja gimana? Tenang. ID akan bahas juga nih. Pertama mengenali potensi diri seperti yang sudah kita bahas diatas ya dan yang kedua mencari informasi lowongan kerja. Selanjutnya? Memangnya dua itu sudah sahabat ID ketahui? Hehehe.

PENTING !
Ada apa nih kok penting. Ya. Kali ini adalah tentang sikap. Sikap ini sangatlah penting dalam dunia kerja. IPK tinggi tapi tak punya sikap baik itu ibarat pohon tak berbuah. Duh bicada buah jadi laper nih. Langsung saja kita pikirkan.

Bagaimana kedisiplinan kita?
Beretikakah?
Mampu jujur? Meski ada uang segudang?
Bertanggungjawab? Meski kita lelah?
Siap berkomitmen?
Rajin dengan atasan killer?
Semangat kerja meski gaji tidak sesuai?
Mampu berinisiatif?
Sarjana masih mau BELAJAR?

Siapkan diri kita mulai dari sekarang ya.  Tentukan tujuan, kemampuan sudah wow belum? Yuk belajar. Jangan bosen melamar pekerjaan. Setelah melamar jangan lupa tes ya. Saat tes berikanlah yang terbaik. Dan yang terakhir nih jangan pilih-pilih pekerjaan. Ingat ! Pastikan halal.

Bagaimana menghadapi tantangan dunia kerja?
INGAT !

Siapkan mental, mau BELAJAR, dan mau memulai dari bawah.

Alhamdulillah. Akhirnya materi kedua selesai kita bahas. Sahabat ID bagaimana nih? Sudah siap masuk dunia kerja?. Persiapkan semuanya dari sekarang yuk !. Sudah dulu ya pembahasan kali ini. Itulah torehan tinta hitam indahsusanti ID hari ini. Sampai bertemu lagi dengan torehan tinta hitam indahsusanti ID di lain waktu. Salam santun sahabat ID. 

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Persiapan Masuk Dunia Kerja"

  1. MEA bisa jadi menguntungkan untuk indonesia dan dapat merugikan juga . ..
    kembali lagi ke SDM kita ,kita harus tingkatkan kualitas SDM nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Harus berjuang keras untuk meningkatkan sumber daya manusianya. Semangat bersama !

      Hapus
  2. yang penting skill menentukan pada masing2 posisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak.
      Memang semua punya bakat dari lahir. Tapi ketika potensi tidak digali ya sama saja. Keterampilan harus selalu diasah kak.

      Hapus
  3. Ya saya rasa skill sangat menentukann juga min....untuk terjun kedunia kerja, jd skill harus di poles...

    BalasHapus
  4. Yaya panjng ulasan kali ini.
    Sampai ke pembhsan ke setelah wisuda pun dibahas juga. Tapi sepekat, setelah wisuda begitulah adanya, siap gak siap harus berpikir kreatif sehingga bisa berwirausaha, karir, dan ketiga adalah melanjutkan studi S2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketiganya mau diembat juga kak?. Fokus salah satu kak. Hehehe.

      Hapus
  5. Artikel nya sangat membantu gan
    http://www.teukukamil.com/

    BalasHapus
  6. semoga bagi yang belum kerja, rekomended banget ini tips persiapannya.

    BalasHapus
  7. Yang terpenting kalau dalam dunia kerja ya biasakan bergaul dengan teman, agar mudah belajar dan mempelejari lingkungan tempat kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali kak. Harus selalu belajar dan juga bergaul. Thanks kak.

      Hapus
  8. Siap...sedih belum pux kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak, jangan pernah berhenti untuk berusaha kak. sisanya serahkan kepada sang pencipta.

      Hapus
  9. wah,jadi intinya harus disiplin yah?...

    BalasHapus
  10. Ternyata ada kiat - kiat untuk persiapan sebelum masuk dunia kerja namun kebanyakan hanya persiapan membuat lamaran saja sedangkan SDM nya kurang dibenahi, thank's for sharing

    BalasHapus
  11. Hmm...
    Hadapi MEA itu bisa di bilang sulit sih, apalagi keterbatasan ilmu yg kota miliki. Seharusnya ada semacam program dri Pemerintah yg bertujuan untuk mengupgrad kemampuan teman2 dan skill yg dimiliki orang.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !