Kurikulum Merdeka (Pengertian, Karakteristik, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)


Kurikulum Merdeka


Kurikulum Merdeka

Assalamualaikum sahabat ID. Kali ini ID akan membahas tentang Kurikulum Merdeka sebagai mana berlakunya kurikulum di Indonesia saat ini.

ID mendapatkan informasi ini di situs resmi Kemdikbud. Latar belakang ID menuliskan ini karena ID sendiri belum tahu tentang Kurikulum Merdeka. Maka dari itu ID menulis tentang Kurikulum Merdeka untuk ID khususnya dan untuk sahabat ID pada umumnya.

Oke, langsung saja ya sahabat ID. Ada beberapa hal yang akan kita pelajari pada materi ini.
Pertama, apa itu kurikulum Merdeka?
Kedua, apa saja karakteristik Kurikulum Merdeka?
Ketiga, apa saja projek penguatan profil pelajar Pancasila?
Dan keempat adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka itu seperti apa?.


Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Bagus ya tujuan dari Kurikulum Merdeka. Pendidikan berkualitas, disesuaikan dengan kebutuhan dan juga lingkungan peserta didik.

ID sangat setuju banget dengan gambaran tentang Kurikulum Merdeka ini. Hal ini tentu sesuai dengan apa yang telah ID pelajari tentang pendidikan pada sekolah dasar pada saat ID masih duduk di bangku kuliah.

Memang sudah tepat dan seharusnya pembelajaran disesuaikan dengan lingkungan dan juga kebutuhan atau belajar kongkret.



Karakteristik Kurikulum Merdeka

Ada tiga karakter dalam Kurikulum Merdeka.

  1. Pengembangan soft skill dan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila.
  2. Fokus pada materi esensial, relevan, dan mendalam sehingga ada waktu cukup untuk membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar. Seperti literasi dan numerasi.
  3. Pembelajaran yang fleksibel

Jika kita melihat karakteristik yang ada dalam Kurikulum Merdeka mestinya ini sudah sangat luarbiasa sekali ya sahabat Kurikulum Merdeka ini.

Pertama, pembelajaran yang fleksibel. Tentu pembelajaran sudah seharusnya fleksibel. Kedua, materi yang relevan ini sudah pasti. Dan yang sangat menarik perhatian ID adalah pengembangan soft skill dan karakter. Ya ini sangat perlu sekali. Bahkan didukung dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari bersama apa saja projek penguatan profil pelajar Pancasila?. Mari simak bersama!



Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  1. Eksplor Ilmu Pengetahuan, keterampilan
  2. Isu penting yang meliputi: hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan demokrasi.
  3. Serta aksi nyata point nomor 2.
ID sangat tertarik membahas hal ini. Kenapa? Karena dari apa yang ID dengar dan tahu disekitar ID bahwa wirausaha sedang marak digaungkan di sekolah-sekolah.

Rupanya ID menemukan jawabannya. Ya, ini bagian dari isu penting. 

Tapi ID sangat menyayangkan, kenapa hanya wirausaha yang difokuskan saat ini?. Padahal ada isu penting lainnya yang menurut ID lebih penting. Toleransi, kesehatan mental, demokrasi. Bukankah generasi muda saat ini sedang miskin itu semua?. Kenapa hanya wirausaha?.

ID tidak menyalahkan siapa-siapa disini. Semua mempunyai tujuan yang sama. Sama-sama untuk kebaikan dan pendidikan yang lebih baik. Semoga ya.

ID berharap projek penguatan profil pelajar Pancasila mampu direalisasikan tahap demi tahapnya. ID rasa hal itu akan sangat berpengaruh besar terhadap pembangunan sumber daya manusia di Indonesia nantinya.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Sampai jumpa di materi-materi selanjutnya. Salam Santun sahabat ID.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurikulum Merdeka (Pengertian, Karakteristik, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !