Pentingnya mempelajari Teori Belajar (Thorndike, Skinner, Kognitif)
Mengapa perlu mempelajari Teori Belajar?
- Membantu memahami proses belajar.
- Memahami kondisi dan faktor yang mempengaruhi, memperlancar, dan menghambat proses belajar.
- Memungkinkan melakukan prediksi yang akurat tentang yang diharapkan dari aktivitas belajar.
- Merupakan sumber hipotesis tentang proses belajar.
- Meningkatkan penampilan sebagai seorang pengajar.
Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran
Teori belajar berisikan deskriptif. Contohnya: teori behavioristik adalah.....
Teori pembelajaran berisikan preskriptif
Contohnya: cara penerapannya di pembelajaran, implementasinya dalam pembelajaran.
Teori Belajar
- Behavioristik (perubahan tingkah laku)
- Kognitivisme
- HumanistikS
- Sibernetik (pemanfaatan lingkungan dan teknologi)
Teori Belajar Thorndike (Trial and Error)
Menurut Thorndike, belajar dapat dilakukan dengan mencoba-coba.
- Hukum kesiapanu
- Hukum latihan
- Hukum akibat
Teori Belajar Skinner (Operant Condition)
Skinner mengembangkan teori kondisioning dengan menggunakan tikus sebagai percobaan
Respon dibedakan menjadi dua:
- Respon yang timbul dari stimulus tertentu.
- Operant respon yang timbu dan berkembang karena diikuti oleng perangsang tertentu.
Model teori condisioning
Bel/lampu (cs) + makanan (UCS) -------> air liur (UCR) berulang
bel/lampu (cs) ------------------------------> air liur (CR)
Teori Belajar Kognitif
Teori ini lebih mementingkan proses belajar daripada hasil itu sendiri
Belajar bukan hanya melibatkan hubungan stimulus respon tetapi melibatkan proses berpikir yang sangat komplek
Ilmu pengetahuan dibanguan dalam diri individu melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan.
0 Response to "Pentingnya mempelajari Teori Belajar (Thorndike, Skinner, Kognitif)"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !