Pentingnya mempelajari Teori Belajar (Thorndike, Skinner, Kognitif)

Mengapa perlu mempelajari Teori Belajar?

  1. Membantu memahami proses belajar.
  2. Memahami kondisi dan faktor yang mempengaruhi, memperlancar, dan menghambat proses belajar.
  3. Memungkinkan melakukan prediksi yang akurat tentang yang diharapkan dari aktivitas belajar.
  4. Merupakan sumber hipotesis tentang proses belajar.
  5. Meningkatkan penampilan sebagai seorang pengajar.

Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran

Teori belajar berisikan deskriptif. Contohnya: teori behavioristik adalah.....

Teori pembelajaran berisikan preskriptif
Contohnya: cara penerapannya di pembelajaran, implementasinya dalam pembelajaran.


Teori Belajar

  1. Behavioristik (perubahan tingkah laku)
  2. Kognitivisme
  3. HumanistikS
  4. Sibernetik (pemanfaatan lingkungan dan teknologi)


Teori Belajar Thorndike (Trial and Error)

Menurut Thorndike, belajar dapat dilakukan dengan mencoba-coba.

  1. Hukum kesiapanu
  2. Hukum latihan
  3. Hukum akibat


Teori Belajar Skinner (Operant Condition)

Skinner mengembangkan teori kondisioning dengan menggunakan tikus sebagai percobaan

Respon dibedakan menjadi dua:

  1. Respon yang timbul dari stimulus tertentu.
  2. Operant respon yang timbu dan berkembang karena diikuti oleng perangsang tertentu.


Model teori condisioning

Bel/lampu (cs) + makanan (UCS) -------> air liur (UCR) berulang

bel/lampu (cs) ------------------------------> air liur (CR)


Teori Belajar Kognitif

Teori ini lebih mementingkan proses belajar daripada hasil itu sendiri

Belajar bukan hanya melibatkan hubungan stimulus respon tetapi melibatkan proses berpikir yang sangat komplek

Ilmu pengetahuan dibanguan dalam diri individu melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya mempelajari Teori Belajar (Thorndike, Skinner, Kognitif)"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang relevan ! Tanpa link ! Anti provokator SARA dan saru !